Senin, 22 Februari 2016

MASUK SURGA KARENA CINTA

🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿
MAJELIS ILMU ALMANAR

بسم الله الرحمن الرحيم

       Masuk Surga Karena Cinta

📖 Diriwayatkan oleh Anas bin Malik radhiyallahu'anhu, seorang lelaki bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam perihal hari kiamat, “Kapankah datangnya hari kiamat?”

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam balik bertanya, “Apa yang telah engkau persiapkan untuk menghadapinya?”

Laki-laki tersebut menjawab, “Belum ada, selain (modal) kecintaanku kepada Allah dan Rasul-Nya.”

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Engkau bersama yang kamu cintai.” (HR. Al-Bukhari)

✅ Alangkah tepatnya perbekalan yang dipersiapkan oleh laki-laki yang bertanya kepada Nabi perihal hari kiamat itu, dan alangkah indahnya jawaban Nabi, bahwa kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya menjadi sebab seseorang masuk jannah.

🔹Namun tentu saja cinta yang dimaksud bukan cinta kosong tanpa arti maupun konsekuensi.

✅ Seorang tabi'iyat, Rabi'ah al-'Adawiyah berkata, “Engkau mendurhakai Rabbmu, tapi mengaku cinta kepada-Nya. Itu adalah tindakan janggal dan aneh. Jika saja cintamu memang tulus kepada-Nya, pasti engkau menaati-Nya, karena sesungguhnya pecinta itu patuh kepada yang dicintainya.” (Mukhtashar Syu'abul Iman).

🔹Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, dia berkata, “Tiada yang lebih menggembirakan hati kami daripada hadits Rasulullah, “Seseorang bersama yang dia cintai.”
Beliau juga mengatakan, “Aku mencintai Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, Abu Bakar dan Umar. Aku berharap dapat berkumpul bersama mereka dengan bekal kecintaanku kepada mereka, kendati aku belum bisa beramal sebagaimana mereka beramal.”

🔹 Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Seseorang akan (dikumpulkan) bersama yang ia cintai.” (HR. al-Bukhari)

🔹 Ibnu Bathal rahimahullah dalam Syarah Bukhari berkata, “Penjelasan makna dalam hadits ini, bahwa ketika seseorang mencintai orang shalih, dan dia tidak mencintainya melainkan karena ketaatannya kepada Allah, maka cinta itu adalah urusan hati dan keyakinan. Allah akan memberikan pahala kepadanya pahala orang shalih. Karena niat adalah intinya, sedang amal itu mengikuti, dan Allah memberi karunia kepada siapa yang Ia kehendaki.” (Syarh shahih Bukhari, Ibnu Bathal)

✅ Dengan modal cinta bisa ke surga? Bahkan bisa berkumpul dengan yang dicintainya di surga? Akan tetapi dengan cinta pula seseorang tersungkur ke dalam neraka. Tergantung kepada apa atau siapa ia memberikan cintanya dan bagaimana ia mengekspresikan cintanya

والله اعلم...
____________________________
📚 dikutip dari Majalah ar Risalah edisi November 2015.

📝ALMANAR:
Mencerdaskan, Sahabat Masyarakat, Memberantas Kemunkaran & Melawan Kedholiman.

Pin bb: 5a9444d5
WA/sms: 08882229595
join bersama: 👇
https://telegram.me/majelisilmualmanar

Raihlah amal sholih dengan menyebarkan informasi ini.
بارك الله فيكم
_abu khudlair nur irhab_
🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿

https://telegram.me/majelisilmualmanar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More